3 Cara Mengkilapkan Cat Mobil Anda Yang Pudar

Cara Mengkilapkan Cat MobilMengkilapkan Cat Mobil – Tidak bisa dihindari mobil yang sering kita kendarai untuk beraktivitas akan menyebabkan warna cat mobil terlihat kusam setelah dipakai beberapa tahun. Selain warna cat mobil milik kitapun bisa juga terdapat retakan-retakan kecil di bodi mobil.

Pada pembahasan kali ini saya akan membagikan beberapa tips agar mobil kesayangan kita kembali terlihat kinclong dan mulus seperti masih baru.

#1 Waxing

Waxing ternyata tidak hanya mengkilapkan body mobil Anda, tetapi juga melindungi car dari paparan sinar matahari, karena dirasa lebih aman. Hal ini dikarenakan wax memiliki sifat seperti lilin. Sinar UV yang tajam mampu membuat warna cat mobil Anda menjadi pudar. Wax akan membuat cat ini terlindung.

Cara Penggunaan WAX Yaitu;

  • Berikan tekanan pada wax sambil diputar.
  • Lakukan tahapan ini ke bagian luar mobil yang akan dikilapkan secara keseluruhan.
  • Semakin lama diputar, wax akan memberikan hasil yang maksimal. Jika seluruh bagian luar mobil telah diberikan wax secara merata,
  • Setelah itu lanjutkan dengan pengelapan menggunakana lap mikrofiber.

Wax juga melindungi cat mobil dari goresan ringan yang mungkin diakibatkan oleh goresan daun, sikat, spon cuci atau hempasan batu kerikil. Lapisan wax mampu membuat warna mobil Anda nampak lebih hidup.

Jika mobil berwarna hitam, warna hitamnya akan terlihat lebih dalam. Lapisan ini juga menutupi goresan kecil sehingga mobil selalu nampak mulus. Goresan mungkin tidak bisa hilang ketika dicuci, tapi dengan diberi wax, celah goresan akan tertutup sehingga tidak nampak kalau mobil sudah tergores.

[artikel number=3 tag=”Rawat” ]

#2 Poles Mobil Anda

Gunakan bahan pemoles berjenis Waterbase untuk kebutuhan mobil harian. Selain ramah lingkunan, cat mobil lebih mudah bersenyawa dengan bahan itu.

Baca Juga :  Tips Suzuki New Ertiga Menjadi Super Empuk
  • Mobil dicek dengan menggunakan sorot lampu Xenon. Dengan penyinaran itu akan terlihat apakah ada sisa kotoran membandel atau tidak.
  • Dilanjutkan dengan penutupan karet kaca, kaca, spion dan beberapa panel yang harus dilindungi dari polesan.
  • Setelah itu dilakukan pemolesan yang bisa dikerjakan dengan mesin dan manual (tangan). Pemolesan mesin dilakukan dua tahap, yakni pemolesan kasar dan halus. Selesai menggunakan mesin, mobil dipoles tangan dengan memakai material super shine protection dan ditutup dengan pemolesan coat for UV protection.
  • Langkah selanjutnya adalah inspeksi dengan menggunakan sorot lampu xenon. Hal itu dilakukan untuk melihat apakah masih ada bagian yang kurang atau seluruhnya sudah sempurna.

Jika dilakukan dengan baik, benar dan tepat akan mengkilapkan cat mobil dengan warna yang eksotik, tahan lama dan juga murah.

#3 Nano Coating

Untuk proses coating sendiri ada beberapa step yang perlu dilakukan dan hal tersebut tergantung dari produk coating yang digunakan. Untuk itu lah penting melakukan diskusi dengan ahlinya sehingga nantinya proses coating yang anda lakukan dapat berjalan dengan baik.

Dibandingkan dengan tradisional wax dan sealant, nano ceramic coating memberikan lapisan yang lebih keras dan tebal sehingga memberikan perlindungan terhadap cat lebih lama dan kuat.

Kalau wax dan sealant dapat memberikan perlindungan dalam hitungan bulan, nano ceramic coating dapat memberikan perlindungan dalam hitungan tahun.

Nano coating adalah cairan yang menyerap ke pori – pori cat sehingga menyatu begitu diaplikasikan ke permukaan dan hanya bisa hilang jika di poles dengan menggunakan compound.

Seperti yang kalian sudah tahu kegunaan dari nano ceramic coating adalah:

  • Hydrophobic effect dimana mobil mendapatkan efek daun talas (air menjadi beeding dan mudah turun)
  • Self – cleaning effect sehingga kotoran-kotoran tidak akan menempel membuat mencuci mobil menjadi mudah
  • Melindungi dari kontaminasi natural acid
  • Melindungi cat dari cacat yang sering diakibatkan UV seperti oksidasi
  • Membuat cat tahan terhadap baret-baret halus seperti swirl mark akibat teknik cuci dan lap yang salah
Baca Juga :  Perbedaan Suzuki Sidekick Escudo dan Vitara

Itulah beberapa tips dalam pembahasan “Mengkilapkan Cat Mobil” kita kali ini apabila kurang puas lebih diutamakan mencari sumber yang lebih ahli dibidangnya dan memakai jasa mereka disetiap kota pasti ada jasa perwatan untuk mobil kesayangan anda.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *