Arti 13 Lampu Indikator Pada Mobil Ertiga Anda

Lampu Indikator Pada Mobil Ertiga – Lampu Indikator ECU yang terletak di speedometer, berfungsi mendiagnosis dengan otomatis setiap gangguan Indikator Mobil Suzuki Ertiga. Oleh sebab itu indikator lampu check engine pada ECU tersebut bisa dimanfaatkan, untuk mengontrol kondisi mesin kendaraan.

#1 Lampu Indikator Peringatan Rem

Untuk pemeriksaan lampu, ikuti tiga kondisi berikut, tergantung spesifikasi kendaraan tersebut.

  1. Lampu akan menyala pada saat kunci kontak diputar ke posisi “ON”
  2. Lampu akan menyala pada saat rem tangan ditarik dengan kunci kontak posisi “ON”
  3. Lampu akan menyala pada saat kedua kondisi tersebut di atas.

Lampu menyala jika jumlah minyak rem kurang.

Lampu harus mati ketika mesin hidup dan rem tangan dilepas, dan jika jumlah minyak rem pada reservoir cukup.

Lampu juga akan menyala bersama peringatan ABS ketika fungsi sistem kontrol tekanan rem ke roda belakang (fungsi proportioning valve) sistem ABS tidak berfungsi.

Jika lampu ini menyala ketika kendaraan berjalan, menunjukan ada masalah dengan sistem rem. Jika ini terjadi, Anda Harus;

  • Menepi dan hentikan kendaraan dengan hati – hati.
  • Tes rem dengan mencoba jalan dan berhenti di pinggir jalan.
    • Jika anda merasa aman, lanjutkan perjalanan dengan pelan ke Bengkel Resmi terdekat untuk perbaikan atau
    • Kendaraan diderek ke Bengkel Resmi terdekat untuk perbaikan

Karena sistem disc brake menyetel secara otomatis, jumlah minyak akan berkurang dengan adanya keusan pada breake pad. Tambahkan minyak rem, sesuai jadwal perawatan berkala. ( Buzzer pengingat rem tangan) Buzzer terdengar sesekali mengingatkan Anda untuk melepaskan rem tangan pada saat kendaraan dijalankan. Pastikan rem tangan dilepas sepenuhnya dan lampu rem tidak menyala.

Baca Juga :  3 Cara Mengkilapkan Cat Mobil Anda Yang Pudar

#2 Lampu Peringatan Anti Lock Brake System (ABS)

Ketika kunci kontak diputar ke posisi “ON” lampu akan menyala sesaat hal ini menunjukan bahwa lampu dalam kondisi baik. Jika lampu menyala terus atau menyala saat kendaraan berjalan, hal ini menandakan ada masalah pada sistem ABS.

Lampu Peringatan Anti Lock Brake System (ABS)
Lampu Peringatan Anti Lock Brake System (ABS)

Jika hal ini terjadi;

  • Menepilah dengan hati-hati dna hentikan kendaraan.
  • Putar kunci kontak ke posisi “Lock” kemudian hidupkan mesin kembali

Jika lampu rem dan sistem peringatan rem menyala terus, atau menyala bersamaan saat dikendarai. Sistem ABS dilengkapi fungsi kontrol pengereman roda belaakang (proportioning valve) dan kemungkinan ada kerusakan pada fungsi ini dan sistem ABS.

Jika terjadi salah satu dari hal tersebut periksakan kendaraan Anda ke Bengkel Resmi terdekat. Jika ABS tidak bekerja, sistem rem akan bekerja secara konvensional.

#3 Lampu Tekanan Oli

Lampu akan menyala saat kunci kontak diposisi “ON”, dan akan mati setelah mesin hidup. Lampu akan tetap menyala jika tekanan oli kurang. Jika lampu ini menyala saat kendaraan berjalan, menepilah segera dan matikan mesin.

Periksa jumlah oli dan tambahan jika perlu. Jika oli masih cukup, periksa sistem pelumasan di Bengkel Resmi terdekat, sebelum Anda melanjutkan perjalanan.

Lampu Tekanan Oli
Lampu Tekanan Oli

Jika mesin diteruskan bekerja dengan lampu ini menyala, dapat mengakibatkan kerusakan mesin. Jangan hanya mempercayai lampu ini. Periksa jumlah oli secara berkala.

#4 Lampu Pengisian Baterai

Lampu ini akan menyala saat kunci kontak di posisi “ON”, dan mati saat mesin hidup. Lampu akan tetap menyala jika terjadi masalah pada sistem pengisian baterai. Jika lampu menyala saat mesin hidup, sistem pengisian baterai harus diperiksa segera ke Bengkel Resmi terdekat.

Baca Juga :  5 Perbedaan New Ertiga GA GL dan GX
Lampu Indikator Speedometer Mobil Ertiga
Lampu Indikator Speedometer Mobil Ertiga

#5 Lampu Pengingat Sabuk Keselamatan

Lampu peringatan ini akanmati setelah sabuk keselamatan pengemudi dipasang dengan benar.

#6 Lampu “Air Bag”

Lampu ini akan berkedip atau menyala sesaat ketika kunci kontak diputar ke posisi “ON” hal ini menandakan bahwa lampu tersebut dalam keadaan baik. Lampu tersebut akan menyala terus jika terdapat masalah pada sistem air bag atau sistem pretensioner sabuk keselatan.

Note : Jika lampu “Air Bag” tidak berkedip atau menyala sesaat ketika kunci kontak diputar ke posisi “ON”, menyala selama 10 detik atau lebih, atau menyala pada saat kendaraan berjalan, kemungkinan sistem air bag atau pretebsioner sabuk keselamatan tidak bekerja dengan baik. Periksan kendaraan Anda ke Bengkel Resmi Suzuki.

#7 Lampu Indikator Malfungsi/Check Engine

Kendaraan ini dilengkapi komputerisasi kontrol sistem emisi. Lampu ini terdapat pada panel instrumen untuk menunjukkan adanya masalah pada sistem pada sistem kontrol emisi. Lampu ini akan menyala saat kunci kontak di posisi “ON” dan akan mati setelah mesin hidup. Jika lampu menyala saat mesin hidup, menunjukkan ada masalah pada sistem kontrol emisi. Bawa kendaraan Anda ke Bengkel Resmi terdekat untuk pemeriksaaan.

Note : Melanjutkan perjalanan dengan lampu check engine menyala dapat merusak sistem kontrol emisi, dan dapat berpengaruh pana konsumsi bahan bakar dan kenyamanan mengemudi.

#8 Lampu Sistem Immobilizer

Lampu akan menyala ketika kunci kontak diputar ke posisi “ON”, dan mati setelah mesin hidup. Jika lampu berkedip ketika kunci kontak di posisi “ON”, hal ini mungkin terdapat masalah pada sistem Immobilizer.

Lampu Sistem Immobilizer
Lampu Sistem Immobilizer

Jika lampu ini menyala, putar kunci kontak ke posisi “Lock”, kemudian putar kembali ke posisi “ON”. Jika lampu masih menyala dengan kunci kontak pada posisi “ON”, mungkin ada sesuatu yang salah dengan kunci kontak atau sistem immobilizer. Tanyakan kepada Bengkel Resmi untuk memeriksa sistemnya

Baca Juga :  Tips Suzuki New Ertiga Menjadi Super Empuk

#9 Lampu Peringatan Pintu

  • Untuk kendaraan tanpa sistem keyless entry, lampu akan tetap menyala hingga seluruh pintu depan dan pintu bagasi menutup dengan baik. Jika ada pintu terbuka (termasuk pintu bagasi) saat kendaraan berjalan, terdengar suara “ding” mengingatkan Anda untuk menutup semua pinu sepenuhnya.
  • • Untuk kendaraan dengan sistem keyless entry; Lampu ini tetap menyala hingga seluruh pintu (termasuk pintu bagasi) benar-benar tertutup. Jika ada pintu yang terbuka (termasuk pintu bagasu) saat kendaraan berjalan, terdengar suara “ding” mengingatkan Ana untuk menutup semua pintu sepenuhnya.
Lampu Peringatan Pintu
Lampu Peringatan Pintu

#10 Lampu Peringatan Bahan Bakar

Jika lampu ini menyala, isi bahan bakar segera. Saat lampu ini menyala, suara “ding” sekali untuk mengingatkan Anda untuk mengisi bahan bakar. Jika Anda tidak mengisi bahan bakar suara “ding” akan terdengar setiap saat ketika kunci kontak di posisi “ON”

Lampu Peringatan Bahan Bakar
Lampu Peringatan Bahan Bakar

Note : Penyalaan lampu ini tergantung pada beberapa kondisi jalan (contoh; miring atau bergelombang) serta kondisi pengendaraan, sebab bahan bakar di dalam tangki akan bergerak.

#11 Lampu Electric Power Steering

Lampu akan meyala saat kunci kontak di posisi “ON”, dan mati saat mesin hidup. Jika lampu menyala saat kendaraan berjalan, power steering kemungkinan bermasalah. Periksakan ke Bengkel Resmi Suzuki terdekat.

Lampu Electric Power Steering
Lampu Electric Power Steering

Jika power steering tidak bekerja dengan baik, setir akan terasa berat, tetapi masih dapat dikemudikan.

#12 Indikator Lampu Sein

Ketika Anda berbelok ke kiri atau ke kanan, tanda panah hijau pada panel instrumen akan berkedio. Ketika Anda mengaktifkan switch lampu hazard, kedua panah akan berkedip bersamaan dengan kedua lampu sein

Indikator Lampu Sein
Indikator Lampu Sein

#13 Indikator Lampu  Jauh

Lampu indikator ini akan menyala ketika lampu besar (lampu jauh) dinyalakan.

Indikator Lampu  Jauh
Indikator Lampu  Jauh

Semoga info tentang Arti Lampu Indikator Pada Mobil Ertiga Anda ini bermanfaat…

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *