Smart Hybrid Vehicle Bikin New Ertiga Diesel Lebih Irit

45 views

Smart Hybrid Vehicle Bikin New Ertiga Diesel Lebih IritSmart Hybrid Vehicle Bikin New Ertiga Diesel Lebih Irit

Suzuki Cilacap - Keberadaan mesin hybrid sekarang ini memang tengah menjadi sorotan. Beragam mobil dengan berbagai pabrikan ternama berlomba untuk menciptakan mobil yang lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan kendaraan konvensional yang sudah ada terlebih dahulu.

Kesempatan untuk menciptakan teknologi hybrid juga tidak disia-siakan oleh Suzuki dengan menghadirkan varian Ertiga yang baru yaitu New Ertiga Hybrid Diesel. Mobil ini menjadi keistimewaan di kelas MPV karena merupakan satu-satunya yang berani menawarkan teknologi diesel namun juga menyematkan teknologi hybrid.

Mengenal Sistem Hibrida Pada Ertiga Diesel

Pemakaian Aki Besar

Berbeda dengan Priuz mau pun CR-Z, Ertiga Diesel tidak memakai baterai khusus untuk sistem pengapiannya. Tetapi mobil ini menggabungkan tiga komponen utama sebagai ganti baterai lithium yang biasanya ada di mobil hibrida. Ketiga komponen tersebut adalah aki berkapasitas besar yaitu sekitar 70 Ah, mesin diesel berkapasitas 1.300 cc serta Integrated Starter Generator atau ISG.

Penggabungan tiga komponen tersebut berada di bawah teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS). Sistem ini merupakan sistem yang ringan namun menghasilkan performa mesin yang tidak kalah tangguh.

Teknologi ISG yang digabungkan dengan akuator berfungsi untuk generator ketika melepas gas dan sebagai penggerak dan penambah tenaga mesin ketika menginjak gas.

Ketika dalam keadaan berhenti tanpa kita menginjak pedal kopling, maka fitur start stop akan bekerja sehingga mesin mati. Dalam keadaan ini aki akan menjalankan fungsi pengganti sumber tenaga untuk menjaga fungsi kelistrikan berlangsung normal. Itulah mengapa dipilih aki dengan kapasitas besar karena bisa dibilang sebagai sumber utama teknologi hibrida Ertiga.

Perbedaan mesin hibrida pada Ertiga dengan sistem hibrida biasa adalah pada fungsi mesin diesel yang masih mendominasi. Sedangkan pada hibrida biasa, merek menggantungkan dapur pacunya pada sistem kelistrikan.

Perawatan Lebih Mudah

Kelebihan dari mobil ini adalah karena penggunaan aki berjenis basah yang lebih mudah perawatannya. Walau pun lebih gampang dalam segi maintenance namun pemilik harus terus mengecek keadaan kadar cairan pada aki.

Jika terjadi masalah pada sistem kelistrikannya maka hanya perlu mengganti aki, berbeda dengan sistem hibrida biasa yang harus mengganti baterai lithiumnya yang berharga sangat mahal.